Peergrup Budidaya Gelar Workshop untuk Peningkatan Kapasitas Mahasiswa

Pada Senin, 7 Agustus 2023 Peergrup Budidaya Hutan melaksanakan Workshop Pengenalan Jenis dan Pengukuran Dimensi Pohon bagi mahasiswa Jurusan Kehutanan Unila. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kapasitas mahasiswa sehingga terampil dalam bidang tersebut.
Dalam workshop diberikan materi tentang pengenalan jenis dari morfologi pohon, pengenalan jenis menggunakan beberapa aplikasi teknologi, pengukuran dimensi pohon dari berbagai aspek, penandaan pohon dan pembuatan herbarium.


Seluruh dosen Peergrup Budidaya Hutan terlibat dalam kegiatan ini. Masing masing dosen menyampaikan materi sesuai dengan bidang keahliannya. Selain itu setiap dosen juga ikut dalam kegiatan latihan lapang. Workshop memang digelar di kelas dan dilanjutkan di lapangan untuk melatih mahasiswa melakukan pengamatan langsung, penggunaan alat, dan pengisian tally sheet.


Sebanyak 20 orang mahasiswa mengikuti kegiatan ini dengan antusias. Jumlah mahasiswa dibatasi agar tujuan workshop dapat betul betul tercapai. Dan mahasiswa benar benar terampil. Mahasiswa menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, dan dapat memahami materi yang diberikan dengan baik. Menurut mereka metode penyampaian yang menarik dan praktek lapang yang menantang membuat mereka lebih cepat mengerti.
Dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini, Sekretaris Jurusan Kehutanan menyatakan apresiasinya atas upaya yang dilakukan oleh dosen Peergrup Budidaya Hutan dan menilai kegiatan ini sangat mendukung upaya pencapaian kompetensi lulusan Kehutanan Unila.

Mungkin Anda Menyukai