Jurnal Sylva Lestari Kunjungi Forest and Society di Universitas Hasanuddin untuk Coaching Submit Indeksasi Scopus

Jurnal Sylva Lestari (JSL) merupakan jurnal yang dimiliki oleh Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Lampung (FP Unila) yang fokus pada lingkup hutan tropis di Indonesia. Saat ini JSL terindeks secara Nasional sebagai Jurnal Sinta 2 dan perkembangan JSL cukup baik dibandingkan jurnal lain di lingkup Unila. Oleh karena itu JSL sedang mempersiapkan untuk melakukan pengajuan indeks Scopus supaya dapat menjadi jurnal bertaraf internasional.

Sebagai peningkatan kapasitas pengelola JSL, maka Editor-in-Chief Dr. Wahyu Hidayat dan Editor yang diwakili oleh Dr. Indra Gumay Febryano melakukan kunjungan ke salah satu jurnal yang sudah terindeks Scopus Q2 yaitu Forest and Society di Universitas Hasanuddin, Makassar. Mereka bertemu dengan Prof. Muhammad Alif K. Sahide selaku Editor-in-Chief untuk berbagai ilmu terkait dengan pengelolaan jurnal yang baik. Beliau banyak berbagi ilmu seperti tips dan trik dalam pengelolaan jurnal, cara mendapatkan audiens untuk submit ke jurnal, hingga bagaimana cara bekerja sama dengan banyak editor dari berbagai negara.

Bersama dengan Prof. Muhammad Alif K. Sahide, mereka juga melakukan perbaikan scope JSL supaya lebih sesuai dengan kriteria. Kemudian mereka juga melakukan evaluasi kelengkapan administrasi JSL guna melakukan pengajuan indeks Scopus. Hasil dari kegiatan ini adalah, setelah dilakukan pengecekan JSL sudah memenuhi kriteria dan ketentuan. Maka dibantu dengan Prof. Muhammad Alif K. Sahide dilakukan pengajuan indeks Scopus melalui website. Berkat bantuan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam program “Bantuan Peningkatan Mutu Tata Kelola Jurnal Terakreditasi Tahun 2022”, JSL berhasil melakukan submit indeks Scopus. Diharapkan dengan dilakukannya kegiatan ini, JSL dapat berkembang lebih baik lagi dan mendapatkan indeks Scopus sehingga menjadi jurnal bertaraf internasional.

Oleh: Bagus Saputra – Mahasiswa Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Lampung, Angkatan 2018

Editor : Gunardi Dkk

Mungkin Anda Menyukai