Jurusan Kehutanan Selenggarakan Program I Love Wood Campaign Seri 1 tentang Pengukiran dan Pemotongan Kayu dengan Laser CO2

Laser CO2 cutting dan engraving merupakan perkembangan teknologi laser yang dapat diaplikasikan pada bahan berupa kayu. Cutting merupakan teknik pemotongan sedangkan engraving merupakan teknik pengukiran pada kayu yang memanfaatkan pembakaran dari energi panas oleh sinar laser. Teknik ini akan menyebabkan perubahan pada tampilan kayu seperti perubahan warna. Laboratorium Teknologi Hasil Hutan, Jurusan Kehutanan, Universitas Lampung memiliki mesin laser CO2 dengan daya 40 Watt yang sudah dimanfaatkan untuk penelitian hingga membuat kerajinan.

Teknologi laser pada bidang kehutanan khususnya teknologi hasil hutan memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan, namun masih banyak mahasiswa yang belum mengetahui pengaplikasian teknologi ini. Oleh karena itu Laboratorium Teknologi Hasil Hutan menyelenggarakan kegiatan pelatihan bertajuk “I LOVE WOOD CAMPAIGN Seri 1: Peningkatan Kapasitas Mahasiswa Jurusan Kehutanan melalui Pelatihan Wood Laser CO2 Cutting dan Engraving” dengan peserta mahasiswa angkatan 2020. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 4 Oktober 2022 pukul 13.00 – 16.00 WIB yang bertempat di Ruang Seminar Damar Jurusan Kehutanan dan Laboratorium Teknologi Hasil Hutan. Narasumber pada pelatihan ini adalah para dosen dan alumni yang ahli pada bidang yang terkait dengan pengaplikasian teknologi laser seperti bidang budidaya hutan yang berkaitan dengan bahan baku, bidang konservasi yang berkaitan dengan keberlanjutan bahan baku, bidang manajemen hutan yang berkaitan dengan pemasaran produk dan bidang teknologi hasil hutan yang berkaitan dengan teknis pengoperasian alatnya.

Kegiatan pelatihan dipandu oleh alumni Jurusan Kehutanan Angkatan 2018, Bagus Saputra, S.Hut. selaku MC. Materi pertama disampaikan oleh Dian Iswandaru, S.Hut., M.Sc. selaku Kepala Laboratorium Teknologi Hasil Hutan terkait dengan “Pengenalan Wood Laser CO2 Cutting and Engraving”. Drs. Afif Bintoro, M.P. melanjutkan penyampaian materi terkait “Jenis-jenis Kayu yang Cocok Sebagai Bahan Baku Wood Laser CO2 Cutting and Engraving”. Kemudian dilanjutkan oleh Dr. Indra Gumay Febryano, S.Hut., M.Si. yang menyampaikan materi terkait “Potensi Kayu dan Limbah Kayu Bahan Baku Wood Laser CO2 Cutting and Engraving di Indonesia”. Terkait dengan “Teknik Cutting and Engraving Kayu menggunakan Laser CO2” disampaikan oleh Dr. Wahyu Hidayat, S.Hut., M.Sc. Setelah banyak penyampaian terkait dengan bahan dan teknik laser, maka disampaikan materi yang tak kalah penting yaitu terkait dengan “Potensi Pemasaran Produk Wood Laser CO2 Cutting and Engraving di Indonesia” yang disampaikan oleh Susni Herwanti, S.Hut., M.Si.

Materi terakhir yaitu praktik langsung proses laser dibawakan oleh Bagus Saputra, S.Hut. sebagai trainer yang dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Hasil Hutan. Ia menyampaikan secara menyeluruh proses laser mulai dari spesifikasi laser yang digunakan, pengeditan bahan menggunakan software editing seperti Adobe Photoshop dan CorelDRAW, proses kalibrasi alat, hingga daya dan kecepatan laser yang digunakan baik untuk proses cutting maupun engraving. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini, dengan setiap tahap kegiatannya trainer meminta volunteer dari peserta supaya mereka dapat mencoba secara langsung menggunakan mesin laser.

Setelah praktek selesai dilaksanakan, para mahasiswa banyak memberikan pertanyaan terkait proses cutting dan engraving menggunakan laser dan menunjukan minat yang besar terkait dengan hal ini. Sebagai apresiasi pada akhir sesi pelatihan trainer memberikan berbagai pertanyaan terkait dengan materi yang disampaikan dan bagi mahasiswa yang dapat menjawab dengan benar mendapatkan hadiah berupa produk hasil dari praktik laser yang telah dilaksanakan. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini dapat meningkatan pengetahuan mahasiswa pada perkembangan teknologi di bidang kehutanan dan membangun minat mereka di bidang teknologi hasil hutan.

Mungkin Anda Menyukai