Komhindo Periode 2021-2023 Laksanakan Pra Raker

Komunitas Manajemen Hutan Indonesia (KOMHINDO) dengan mengusung tema “Melalui Pra Raker Kita Wujudkan Rancangan Program Kerja KOMHINDO Yang Solutif Menuju Raker KOMHINDO yang Adaptif dan Produktif”.  Kegiatan ini dihadiri oleh 54 peserta yang terdiri dari Dewan Penasehat, Dewan Pengarah, Ketua, Wakil, Sekretaris KOMHINDO dan Koordinator Lembaga di seluruh Indonesia. Dalam hal ini Universitas Lampung (Unia) diwakili oleh Prof.Dr.Ir. Christine Wulandari, MP sebagai Dewan Penasehat, Dr. Ir. Slamet Budi Yuwono, MS IPU sebagai Dewan Pengarah, Susni Herwanti, S.Hut., M.Si sebagai Koordinator Lembaga yang juga dalam Pra Raker ini bertindak sebagai MC dan moderator serta Hari Kaskoyo, S.Hut., MP, Ph.D dan Rommy Qurniati, SP, M.Si.   yang merupakan anggota bidang.

Kegiatan ini dibuka oleh Prof. Rahmawaty, S.Hut., M.Si., Ph.D dari Universitas Sumatera Utara (USU) selaku Dewan Penasehat dan Ketua Komhindo periode sebelumnya. Kegiatan ini menghadirkan 2 orang narasumber yaitu Prof. Dr. Ir. Aminuddin Mane Kandari, M.Si. dari Universitas Halu Oleo (UHO) selaku Ketua Komhindo periode 2021-2023 dan juga merupakan Dekan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL), UHO dan Dr. Ir. Soni Trison, S.Hut., M.Si., IPU dari Institut Pertanian Bogor (IPB) selaku Wakil Ketua Komhindo.Dalam kegiatan Pra Raker ini, ketua komhindo menyampaikan beberapa hal terkait program kerja komhindo periode 2021-2023 diantaranya adalah landasan utama Komhindo landasan pemanfaatan, fasilitasi Komhindo dalam akreditasi Program studi, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan hal lainnya untuk kemajuan Komhindo , termasuk juga tentang keanggotaan Komhindo.  Dalam hal ini, Universitas Lampung masuk dalam peringkat sepuluh besar keanggotaan yaitu sebanyak 12 anggota urutan pertama yang diraih oleh IPB dengan total 31 anggota.  

Selanjutnya, dalam pertemuan ini, Wakil Ketua Komhindo menyampaikan paparan Rancangan Program Kerja Komhindo 2021-2023 terkait 4 bidang, yaitubidangOrganisasi dan Keanggotaan, Komunikasi dan Informasi, Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Publikasi, serta Advokasi dan Kerjasama, namun program kerja ini menurut beliau masih perlu dicluster kan dan perlu dibahas secara mendalam di masing-masing bidang.  Kegiatan pemaparan materi ini ditutup dengan sesi diskusi dan tanyajawab. Pada sesi ini berbagai hal didiskusikan termasuk upaya Komhindo untuk berkiprah secara nasional maupun Intenasional.  Hasil Pra Raker selanjutnya disampaikan oleh La Ode Agus Salim Mando, S.Hut., M.Sc. dari UHO yang juga merupakan sekretaris Komhindo.  Dalam hal ini disampaikan pula bahwa Raker akan diadakan pada pertengahan bulan September dengan panitia dari Universitas Pattimura (Unpati), Ambon.  Acara Pra Raker ini ditutup oleh Prof.Dr.Samadi selaku Dekan Faperta, Universitas Syah Kuala (USK). (Susni Herwanti, S.Hut, M.Si, Agustus 2021).

 

Mungkin Anda Menyukai