Kegiatan Propti Mahasiswa Baru Jurusan Kehutanan FP Unila Tahun Akademik 2017/2018

Kegiatan Program Orientasi Perkenalan Perguruan Tinggi (Propti) mahasiswa baru Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Lampung Tahun Akademik 2017/2018 di selenggarakan pada tanggal 25 Agustus

Pengumuman Nilai Mata Kuliah PKN

Kepada Mahasiswa Jurusan Kehutanan FP Unila diberitahukan bahwa nilai Mata Kuliah PKN dapat di lihat dan didownload sebagai berikut: Nilai PKN Kht 16-17 – Copy

Pengumuman Nilai Mata Kuliah Silvika

Kepada Mahasiswa Jurusan Kehutanan FP Unila diberitahukan bahwa nilai Mata Kuliah Silvika dapat di lihat dan didownload sebagai berikut: Nilai Silvika Kls A & B-2017

Pengumuman Nilai Mata Kuliah Metodologi Penelitian

Kepada Mahasiswa Jurusan Kehutanan FP Unila diberitahukan bahwa nilai Mata Kuliah Metodologi Penelitian dapat di lihat dan didownload sebagai berikut: Daftar Nilai MP Kelas A-2017 dan Daftar Nilai

Pengumuman Nilai Mata Kuliah Perencanaan Hutan (Revisi)

Kepada Mahasiswa Jurusan Kehutanan FP Unila diberitahukan bahwa nilai Mata Kuliah Perencanaan Hutan (revisi) dapat di lihat dan didownload sebagai berikut: PERENCANAAN HUTAN KLS

 

Laboratorium Inventarisasi dan Penataan Hutan

Kepala Laboratorium: Dr. Hari Kaskoyo

DSCN0804

A. Pendahuluan

Hutan merupakan salah satu sumberdaya alam yang mendatangkan devisa negara cukup tinggi. Oleh sebab itu pengelolaannya harus selalu diperbaiki agar tetap lestari dan menghasilkan produk yang bernilai ekonomi tinggi. Hal tersebut dapat tercapai apabila pengelolaan hutan tersebut ditunjang oleh ilmu pengetahuan dan teknologi tentang kehutanan yang baik dan benar.
Laboratorium Inventarisasi dan Penataan Hutan merupakan salah satu fasilitas pendidikan yang ada di Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Lampung (Unila) untuk mendapatkan dan mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi tentang kehutanan.

B. Nama Laboratorium

Laboratorium Inventarisasi dan Penataan Hutan

C. Status

Sebagai Laboratorium Pengajaran (Teaching Lab)

D. Latar Belakang Pembentukan Laboratorium

Laboratorium Inventarisasi dan Penataan Hutan didirikan sebagai penunjang kualitas pembelajaran pada Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Berdirinya Laboratorium ini tentu sebagai tindak lanjuk pembentukan Jurusan Kehutanan Unila.
Berdirinya Laboratorium Inventarisasi dan Penataan Hutan berawal dari pemikirian bahwa jika kita berbicara tentang manajemen hutan, ada 3 aspek yang harus dipelajari, yaitu: aspek teknis, aspek bisnis, dan aspek kelestarian. Agar dapat mempelajari 3 aspek tersebut dengan baik diperlukan teori dan praktek. Dalam pendidikan S1 komposisi antara teori dan praktek adalah: 70:30.
Laboratorium Manajemen Hutan melayani matakuliah yang umumnya memerlukan pengolahan data dengan menggunakan komputer misalnya perhitungan matematis, statistik, pembuatan peta, menganalisis citra digital, pemrograman, dan membuat model. Sebagai sebuah laboratorium pembelajaran, diperlukan upaya pengembangan ke depan, sehingga dianggap perlu untuk membentuk perencanaan tertulis jangka pendek dan jangka pangjang bagi pengelolaan Laboratorium.

E. Visi dan Misi

Visi

“Menjadi Laboratorium yang mampu menciptakan ilmuwan bidang kehutanan yang mumpuni, mandiri, kreatif, dan berdaya saing tinggi”

Misi

1. Menyelenggarakan Praktikum mata kuliah bermuatan praktik pada Jurusan Kehutanan
2. Menyelenggarakan kegiatan Penelitian dan Pengabdian masyarakat bagi Jurusan, fakultas, universitas, dan daerah untuk pengembangan bidang kehutanan di Propinsi Lampung
3. Ikut mengembangkan dan meningkatkan kinerja Jurusan Kehutanan sebagai lembaga yang berdaya saing tinggi
4. Mengembangkan kerjasama dengan stake holder lainnya

F. Tugas dan Fungsi

Sebagai bagian dari Jurusan Kehutanan, maka laboratorium Inventarisasi dan Penataan Hutan memiliki tugas dan fungsi sebagai penunjang kegiatan pembelajaran dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan kualitas lulusan pada Jurusan Kehutanan Unila, dengan memberikan pelayanan pada mata kuliah yang memiliki beban SKS praktikum sesuai dengan spesifikasi yang dimiliki laboratorium ini.

G. Tujuan Strategis

Tujuan disusunnya rencana pemakaian ini adalah:
1. Agar dapat menjadi pedoman pengelolaan Laboratorium Inventarisasi dan Penataan Hutan
2. Meningkatkan optimalisasi penggunaan alat Laboratorium Inventarisasi dan Penataan Hutan.

D. Sasaran

Sasaran dari penyusunan rencana ini adalah para pengguna Laboratorium Inventarisasi dan Penataan Hutan yang terdiri dari:
1. Dosen Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Lampung (Unila)
2. Mahasiswa Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Lampung (Unila)
3. Dosen, peneliti, dan mahasiswa di luar Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Lampung (Unila)

E. Rencana Aksi

Agar tujuan yang diharapkan tercapai maka beberapa rencana yang akan dilakukan adalah:
A. Melakukan sosialisasi pada rapat jurusan
B. Melakukan sosialisasi pada saat perkuliahan
C. Melakukan pendataan alat-alat dan bahan habis pakai setiap tahun
D. Melakukan pemeliharaan alat-alat laboratorium
E. Melakukan perbaikan alat-alat laboratorium yang rusak
F. Melakukan pembelian alat-alat laboratorium
G. Melakukan pembelian bahan habis pakai

F. Pengembangan SDM

Pengembangan Sumber Daya Manusia diperlukan agar dapat tercapai tujuan yang dimaksud. Pengembangan yang dilakukan adalah dengan mengikutsertakan pengelola laboratorium pada kegiatan-kegiatan (seminar/lokakarya) yang diberkaitan dengan pengelolaan laboratorium. Selain itu juga direncanakan untuk mengikuti kursus-kursus atau pelatihan-pelatihan dengan pengelolaan alat-alat laboratorium.

G. Pelayanan Surat Peminjaman, SOP, dan Tata Tertib, Lab. Inventarisasi dan Penataan Hutan

  1. Keperluan Penelitian (unduh di sini)
  2. Keperluan Pengabdian (unduh di sini)  
  3. Keperluan Praktikum (unduh di sini)
  4. Keperluan Umum (unduh di sini)  
  5. SOP Alat (unduh di sini)
  6. SOP Penelitian (unduh di sini)  
  7. SOP Pengabdian (unduh di sini)
  8. SOP Praktikum (unduh di sini) 
  9. SOP Umum (unduh di sini)
  10. Tata Tertib (unduh di sini)    

DSCN1678DSCN1653DSCN1638DSCN1663DSCN1613DSCN1593

Design Downloaded from free wordpress themes | free website templates | Free Web Icons.